9 Mar 2012

Manfaat Durian

Durian bisa menyembuhkan penyakit??


Mendengar Durian, yang terlintas di pikiran orang adalah buah lezat tapi jahat karena kadar lemaknya super tinggi, tapi ternyata di balik semua itu, Durian juga bisa menjadi obat, pastinya jika dimakannya tidak berlebihan. Durian banyak mengandung karbohidrat, lemak, dan protein. Namun pastinya tak hanya itu saja, masih ada kandungan yang l`innya tentunya..
Karena kalorinya yang tinggi, buah Durian bersifat panas sehingga pasien diabetes atau ibu hamil tidak boleh makan Durian.. Bisa anda bayangkan dalam 100 gram Durian itu terkandung 147 Kkal. Itu Artinya ketika seseorang makan 1 kg Durian, jumlah kalori yang ia dapat 1.470 Kkal atau sudah sebanding dengan porsi makan selama satu hari.. Waaahhh.. Cukup makan durian saja dong seharian.. Tp kenyang nggak tuh??? 1 kg Lho.... ^_^
Meski belum ada bukti penelitian bahwa Durian bisa memicu kontraksi dan keguguran, ibu hamil dianjurkan untuk tidak terlalu banyak makan buah ini.
Gangguan pencernaan juga bisa terjadi jika Durian dimakan bersamaan dengan minuma beralkohol... Penelitian di University Tsukaba Jepang bahkan menemukan kandungan Sulfur pada Durian yang bisa menghambat metabolisme alkohol dan bisa memicu kematian..
Nah,, Itulah bahaya memakan Durian jika terlalu banyak, dan lagipula yang berlebihan itu memang tidak baik kok.. Agama juga berkata seperti itu bukan??
Dan dibalik kulit yang menakutkan berduri itu, buah yang dijuluki sebagai "raja buah" ini, memiliki manfaat tidak hanya di daging, tapi kulit dan daunnyapun bermanfaat.. Tuh kan!!! Makanya jangan asal menerima enaknya saja,pelajari selengkapnya.. Hehehehe.. (Sok tau)
Ketika aku membeli Durian, ada saudara yang tidak suka, dan dia meminta kulitnya saja.. Aku heran, loh kenapa malah minta kulitnya?? Setelah aku tanyakan karena penasaran, ternyata kulit itu untuk mengusir nyamuk, aku tertawa mendengarnya.. Teori dari mana bisa mengusir nyamuk?? ^_^ Akhirnya aku Browsing dan menemukan Artikel tentang Durian, dan memang benar kulit durian bermanfaat untuk mengusir nyamuk dan mengobati kurap.
  • Kulit Durian secara proporsional mengandung unsur selulose yang tinggi (50-60 persen) dan kandungan ligin (5%) serta kandungan pati yang rendah (5%) sehingga diindikasikan bahan tersebut bisa digunakan sebagai campuran bahan baku papan olahan serta produk lainnya yang dimampatkan. 
  • Kandungan kimia kulit Durian  yang dapat dimanfaatkan adalah pektin. Pektin merupakan senyawa yang baik digunakan untuk pengental dalam makanan, sehingga pektin yang diperoleh dari kulit Durian dapat dimanfaatkan dalam pembuatan cendol [selengkapnya click]
  • Orang tua jaman dahulu menggunakan kulit Durian sebahai bahan bakar pengusir nyamuk, atau bahan bakar untuk memasak maka ini terbukti berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kalori kulit Durian yang diperoleh menunjukkan angka sebesar 3786,95 kal/gram dengan kadar abu rendah yaitu 4%. Bahkan sudah diikutkan pada ajang lomba internasional. Temuan obat nyamuk dari ekstrak kulit Durian ini telah diikut sertakan dalam forum Indonesian Young Scientist (Inays) 2008 di Universitas Parahyangan Bandung [selengkapnya click]
  • Lumatan kulit Durian dapat dilumaskan ke perut untuk memudahkan buang air besar, juga untuk mengobati ruam pada kulit. Air abu buah Durian dapat digunakan untuk obat pelancar haid dan juga penggugur kandungan.
Tuh kan Blogger,, Manfaatnya banyak juga selain dagingnya yang super mantap.. Selain itu, masih ada tambahan manfaat kult Durian, yaitu untuk menggaruk badan yang gatal.. Hhohoho.. Bercanda Blogger...
Dan ini ada beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan makan buah durian.. Disimak.. ^_^
  1. Mengatasi sembelit karena banyak mengandung serat
  2. Mengatasi anemia karena mengandung folat atau vitamin B9 yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah  merah
  3. Menjaga kesehatan kulit karena mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan antipenuaan
  4. Menjaga nafsu makan karena banyak mengandung thamin dan vitamin B1
  5. Mengatasi migran karena mengandung riboflafin dan Vitamin B2
  6. Meredakan stres dan mengatasi depresi karena mengandung Vitamin B6 atau piridoksin
  7. Menjaga kesahatan gigi dan mulut karena mengandung posphor
Nah.. Itulah beberapa penyakitnya,, Disitu tertera juga bisa meredakan stres,, Tapi kalo pas Durian mahal, setelah makan Durian sejenak stres bisa reda, tapi lama-lama stres lagi gara-gara uangnya habis buat beli Durian.. Hehehehe.. Nggak lah bercanda,, Itu manfaat Durian yang tidak hanya dari dagingnya saja..
Semoga bermanfaat..

Dari berbagai sumber

5 komentar:

  1. nice info..tapi kalau nak makan durian free, datang rumah saya masa musim buah-buahan :) saya dah follow awk :)

    BalasHapus
  2. klo belah duren q malah lebih suka...

    BalasHapus
  3. o-rasa : kat malasye? jauhnye? tak adaduit la....

    Anonim : Belahnya gampng...

    BalasHapus
  4. Nice infooo , Skg jom baca fakta mengenai kucing pula
    http://ersnove.blogspot.com/2012/03/fakta-menarik-mengenai-kucing-kisah.html

    hehhe ~

    BalasHapus
  5. Erys : Thanks.. Ill read it...

    BalasHapus