8 Agt 2011

Kiat Berbisnis

 Business?? Why Not????
Pada dasarnya masih banyak orang yang enggan berbisnis. Mereka lebih senang memilih menjadi pegawai negeri sipil. Padahal untuk menjadi seorang pegawai sipil saat ini, sudah tidak ditemui lagi kejujuran. Tidak ada lagi pegawai negeri yang murni dipilih dari test masuk PNS. Yang ada malah banyak-banyakan menyuap. Itupun memerlukan ratusan juta untuk mendapatkannya. Apa tidak sayang uang segitu banyak? Kenapa g' dipake'untuk berbisnis saja? Iya kalo uangnya punya sendiri, kalo masih ngutang sana-sini? Dan sebelum hutangnya terbayar, SK disita bank, dan gajinya dipotong tiap bulan. Mahu dapat gaji berapa tiap bulannya????
Ayo lah kita coba membuka bisnis, bagi yang sudah minat banget sama pegawai negeri sipil, jadikan bisnis sebagai sampingan. Semakin banyak penghasilan, akan semakin baik tentunya untuk hidupmu dan masa depan kalian.Tentunya menjadi seorang businessman or businesswoman, tidak asal berbisnis saja. Tentu ada kiat-kiat tertentu. Dan untuk menghasilkan sesuatu yang memuaskan, semua harus dijalani dengan sabar, teliti, dan mengikuti kit-kiat sukses seorang businessman serta memikirkan semuanya matang-matang sebelum bertindak. Nah, ini dia beberapa kiat yang bisa aku sampaikan agar mudah dalam berbisnis :
  1. Optimis. Sebelum semuanya dilaksanakan, yang pertama harus optimis. Jangan takut memulai sesuatu. Optimis saja. Semisal anda mendorong mobil yang saya yakin sangat berat, tapi ketika mobil mulai bergerak, bebannya terasa lebih ringan. Begitu pula dengan berbisnis. Mungkin awalnya memang berat, dari persiapan seperti modal dan lain-lainnya. Tapi ketika bisnismu sudah berjalan, semuanya akan terasa lebih ringan dan tak serumit sebelumnya. Jadi optimislah untuk memulai suatu bisnis, jangan hanya diplanning saja karena terlalu banyak planning, tidak akan membuahkan hasil yang memuaskan. Bisa-bisa bisnis anda tidak berjalan.
  2. Pelajari bisnis anda. Jangan salah, sebuah bisnis juga harus dipelajari. Jangan-jangan anda tidak tahu banyak tentang bisnis anda, maka anda akan dengan mudah dibohongi orang dan tidak ada kreatifitas dalam berbisnis anda. Pelajarilah bisnis anda, dengan begitu anda akan dengan mudah memperbarui produk anda hingga menjadi lebih baik.Seorang businessman tidak harus dari pendidikan bisnis, karena bisnis anda bisa anda pelajari sendiri. Pelajarilah seluk beluk bisnis anda, produk apa yang anda kelola sampai anda memiliki ciri khas tersendiri dari pesaing yang lainnya. Misalkan anda memiliki usaha butik, maka anda harus pinter-pinter mempelajari bisnis anda itu karena tren tiap tahunya pasti berubah dan anda akan berlomba untuk mendapatkan produk terbaik.
  3. Mencari pelanggan. Mencari pelanggan tentu penting dalam berbisnis. Mencari pelanggan tidak harus keliling kota mencari orang untuk menjadi pelanggan. Lain halnya dengan sales. Mencari pelanggan bisa dilakukan dengan memanage usaha anda sesuai yang disukai konsumen. Tentunya konsumen menyukai pelayanan yang baik. Maka, melayani pelanggan dengan baik akan membuat konsumen menjadi betah dan ingin kembali lagi ke bisnis anda. Dan satu hal, Promo mungkin cukup penting untuk menarik para konsumen datang. Janganlah mengharap laba yang besar di awal bisnis anda. Buatlah promo untuk mengenalkan produk anda. Jika anda sudah mempelajari bisnis anda, tentunya anda akan membuat produk terbaik. Dan dengan pelayanan yang baik dan produk yang bagus dengan harga yang tidak begitu melambung, para konsumen akan tertarik untuk menjadi pelanggan.
  4. Berbisnislah dengan jujur. Kejujuran dalam berbisnispun sangat penting. Dengan kejujuran anda, maka bisnis akan berjalan mulus tanpa rasa takut akan kebohongan yang selalu ditutupi.
  5. Manage bisnis anda. Tentunya anda akan kerepotan jika bisnis anda dikelola sendirian. Apalagi sebuah bisnis besar. Maka perlu dipelajari bagaimana memanage bisnis anda. 
Dan yang tidak kalah pentingnya adalah Berdo'a. Jika anda hanya bekerja dan tanpa adanya berdo'a, usaha anda akan berat sebalah rasanya, dan anda akan selalu merasa tidak puas karena anda tidak pernah mensyukuri. Maka jangan pernah lupa berdo'a karena Allah SWT yang mengatur semuanya. Kita harus senantiasa sabar dan mensyukuri segala nikmat yang telah diberikannya.
Dalam berbisnis, tidak selamanya akan berjalan mulus. Kendala itu pasti ada. Dan seperti itulah berbisnis. Ibaratkan hidup yang tidak mungkin selalu berjalan mulus. Pasti ada jalan bengkok, berlubang dan lain-lain. Tapi dengan adanya ketidak mulusan tersebut, kita akan semakin menjadi lebih dewasa dan terbiasa sehingga kita bisa menjalaninya, menghadapi semua itu. Begitu juga dengan bisnis, pasti ada lika-likunya dan semakin sering kita melewatinya, perjalanan akan semakin mulus.


Selamat membaca dan mencoba teman-teman... Mudah-mudahan bemanfaat dan mudah-mudahan anda sukses.


Sumber  7 kiat berbisnis (meraih kesuksesan) dan pengalaman pribadi saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar