10 Mar 2012

Lelaki Pilihan

Who Is He????


Sudah cukup lama tak berdiskusi,, Yuk kita membaca sedikit artikel yang aku buat ini,,,, Mungkin bermanfaat untuk teman-teman blogger dan semuanya.... Kali ini aku akan mengangkat tema "Lelaki Pilihan Allah".. Nah, biar tak salah pilih tuh yang belum menikah dan bagi yang sudah nikah bersyukurlah dengan yang ada dan mudah-mudahan menjadi keluarga sakinah mawaddah warohmah.. Amien....

Banyak sekali ayat-ayat Allah dan hadist Rasulullah yang mengajarkan kepada kaum wanita, agar memilih lelaki yang Allah pilihkan untuk menjadi suami mereka.. Tentunya lelaki pilihan Allah itu bukan asal pilih, pastinya sudah yang terbaik karena Allah adalah Maha segala-galanya.. Tentunya lelaki pilihan Allah adalah mereka yang taat dalam memperlakukan wanita sesuai dengan petunjuk Allah dan Rasul-Nya. Dan dengan aturan yang Allah berikan kepada lelaki untuk memperlakukan wanita, itulah salah satu bagaimana Allah memuliakan wanita,,, (Alhamdulillah....)

Tentunya, aku tidak bisa menjelaskan secara luas ayat perayat melihat ini bukanlah majelis taklim dan aku bukanlah seorang da'i.. ^_^ Aku hanya membagi ilmu yang aku dapat dari membaca saja..

Dan inilah beberapa ciri yang umum dari akhlaq lelaki pilihan Allah ketika ia akan menikahi seorang wanita :
  • Ketika memulai satu hubungan, ia akan menyatakan niatnya dan memperlihatkan kesungguhannya bahwa hubungan yang akan dilakukannya semata-mata hanya untuk menikah, bukan untuk berpacaran dan sebagainya. Tentunya sudah sangat jelas bagaimana cara ta'aruf yang dianjurkan islam bahwasanya tanpa berdua-duaan saat bertemu, menjaga pandangan mata, tidak menyentuh calon istri.. (Waaahhhh... Out Of my experience.. hehehehe.. ^__^)
  • Dan pada saat berbicara, dirinya mengesampingkan pembicaraan yang tidak bermanfaat, atau perkataan yang sia-sia tidak ada artinya.. Dia tidak mengobral janji dan berangan-angan kosong. Sikapnya tawadhuk, menyenangkan dan sopan. Tidak suka melebih-lebihkan dalam berbicara, selalu mengucapkan salam dan berkata yang baik, memiliki sifat optimis, rajin dalam bekerja dan tampak dari cara ia menceritakan hal yang berkaitan dengan pekerjaannya. Pergaulannya dengan orang-orang yang sholeh, dan pemahamannya terhadap agama. Tidak menyia-nyiakan waktu dengan hal-hal yang tidak bermanfaat.
  • Menghormati orang tua calon istri dengan niat mempercepat akad nikah dan tidak menundanya dengan jangka waktu yang lama, dan yang terlebih penting tidak menerima pinangan orang lain.
  • Membayarkan mahar istri dengan sempurna. Jadi jika maharnya tidak tunai, segera ditunaikan. Memberi nafkah lahir batin kepada istri dengan cara tidak kikir, dan tidak pula berlebihan.. Sifatnya konsisten seperti apa yang dikatakan pada saat sebelum menikah dengan memperlakukan istri dengan lemah lembut, bercanda dan bersenda gurau dengan tidak berlebihan. Berkata baik, memanggil istrinya dengan sebuatan yang menyenangkan istrinya, dan senantiasa menjaga rahasia istri dan kehidupan rumah tangga mereka.
  • Dan pada sisi lain ia tegas jika perbuatannya mengarah pada kemaksiatan, kelalaian dalam beribadah, atau sikap dan perilaku yang menyimpang.
  •  Jika menghukum tidak pernah memukulnya atau menyakitinya, tetapi jika perlu melakukan hal itu dengan alasan yang dibenarkan dalam syariat, ia hanya akan melakukan tanpa menyakiti atau menimbulkan bekas pada bagian tubuh manapun dari istri.
  • Pemaaf dan pengertian adalah sifat yang senantiasa ditunjukkannya, berterima kasih pada istrinya adalah bentuk penghargaan yang tidak pernah dilewatkan. Demikian pula dengan penampilannya yang senantiasa menjaga kebersihan, rapi dan wangi.
  • Senantiasa bermusyawaroh, berdiskusi, meminta pendapat istri dalam urusan rumah tangga dan mendidik anak-anak. Membantu istri menyelesaikan urusan rumah tangga yang tidak bisa ditangani.
  • Dalam waktu luangnya ia pasti menemani istrinya apabila bepergian, memerintah istrinya untuk menutup auratnya, tidak membawa istrinya ke tempat yang membawa maksiat. Memuliakan orang tua dan keluarga istri sama seperti keluarganya sendiri. 
  • Dan yang paling senantiasa ia lakukan adalah memberikan teladan bagi istri dan anak-anaknya, menjadi imam dalam beribadah, memberikan bimbingan dan senantiasa mengingatkan akan tujuan pernikahan, serta terus berusaha meningkatkan ketaatan dan ibadah mereka. 
Setidaknya, inilah ciri-ciri akhlaq lelaki dan suami pilihan Allah.. Meskipun tak tampan, kaya, dan gagah, tetapi ia memiliki akhlaq yang mulia yang sesuai dengan petunjuk Allah dan Rasul-Nya, Insyaallah kehidupan rumah tangga yang diberkahi , sakinah, mawadah, warohmah akan dicapai.. Amien,,,,

Nah itu dia blogger,, Jadi untuk para wanita di dunia ini, jangan asal memilih suami karena dia akan menjadi imam dalam keluarga kita.. Ok...!! Selamat Membaca dan Merenungi...

Setidaknya, inilah ciri-ciri akhlaq lelaki dan suami pilihan Allah, walaupun ia tidak harus selalu kaya, tampan dan gagah$2C tetapi jika dirinya dihiasi akhlaq yang sesuai dengan petunjuk Allah dan Rasul-nya, Insya Allah kehidupan rumah tangga yang diberkahi, sakinah, mawaddah, dan warrahmah akan dicapai..

SEMOGA BERMANFAAT

Sumber

 


3 komentar: